Berapa jam waktu yang Anda habiskan di kantor? Bagi sebagian besar karyawan menghabiskan 12 jam di kantor itu sudah pasti. Belum lagi jika terdapat tambahan waktu lembur. Tak heran mengapa kantor jadi rumah kedua bagi sebagian besar orang. 

Sudah banyak perusahaan yang rutin menata ruang kantornya dengan bantuan  jasa interior untuk kantor sehingga nyaman ditinggali oleh semua karyawan. Apalagi perusahaan yang bergerak di bidang kreatif seperti Google misalnya. Melihat interiornya saja sudah sangat menyenangkan. 

Bagi kamu yang berencana untuk mendekorasi rumah kantor agar karyawan semakin betah bekerja. Apalagi jika ruang kantor sempit, ada tipsnya yang bisa diikuti sebagai berikut ini. 

Tips Menata Ruang Kantor Lengkap dengan Dekorasinya

Tak mudah memang menata ruang kantor terlebih penempatan dekorasi agar tidak tampak sumpek. Belum lagi di atas meja kantor yang sering banyak tumpukan berkas. Supaya ruang tampak lega dan membuat kamu nyaman bekerja, ada tipsnya yang bisa diikuti sebagai berikut ini. 

  1. Menambahkan tanaman hidup

Penting sekali untuk memberikan tanaman hidup pada sebuah ruangan. Tujuannya agar ruangan menciptakan energi positif bagi semua orang yang bekerja. Apalagi jika kamu bekerja di ruangan tertutup dan ber AC. 

Kamu bisa meletakkan tanaman di atas meja, tentu saja pilihlah tanaman berukuran kecil seperti kaktus misalnya. Selain itu tanaman hidup juga berfungsi untuk menghisap karbon dalam ruangan. 

  1. Sediakan ruang arsip

Jika ada banyak dokumen yang sering menumpuk di atas meja dan tidak beraturan, kamu bisa memilih alternatif menyediakan ruang arsip. Bukan ruang arsip yang terpisah, tapi kamu bisa menyiapkan space khusus seperti rak atau lemari di samping meja kerja. 

Ruang arsip ini juga harus mudah dijangkau. Supaya menarik, pilihlah ruang penyimpanan yang unik. Misalnya rak dinding dengan bentuk yang hexagonal sehingga tidak tampak kaku. 

  1. Menggunakan sekat antar ruangan

Jika kamu memiliki kantor yang sempit, maka menerapkan sekat ruang bisa jadi solusi yang tepat. Apalagi saat ini ada banyak sekat ruang yang sekaligus menjadi elemen dekorasi. Misalnya saja sekat dari kayu yang bisa digeser dengan ukiran. 

Bisa juga menggunakan sekat dari kaca buram, tapi harganya agak sedikit mahal. Partisi portable bisa jadi solusi sekat ruangan yang efektif karena bisa dipindahkan kapanpun dibutuhkan. 

  1. Pencahayaan yang tepat

Cahaya dari lampu atau alami dari matahari merupakan unsur dekorasi yang sangat penting. Jika kamu memiliki dinding luar dari kaca, maka sinar matahari bisa masuk yang menguntungkan dari segi energi. 

Khusus untuk cahaya lampu harus terang sehingga tidak mengganggu kerja karyawan. Tapi bisa juga menggunakan lampu spot pada sudut tertentu yang berfungsi sebagai dekoratif. 

Merubah interior kantor, khususnya menambahkan dekorasi bukanlah sesuatu hal yang mudah. Jika kesulitan kamu juga bisa meminta bantuan dari jasa desain interior di Arskal supaya efektif dan efisien. 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *