Saya kemarin sempat mengikuti resep-resep dan berjualan nasi box Jakarta. Beberapa tidak bagus hasilnya alias kusam. Untungnya bisa saya selipkan di antara yang bagus sehingga semua bisa terjual.

Boleh tahu kenapa bisa kurang bagus hasilnya. Terima kasih. Betty – Bogor Ibu Betty yang terhormat, Senang resep catering kantor kami bisa mendatangkan penghasilan tambahan buat Ibu.

Tetapi kalau boleh memberi masukan, cokelat atau kue, atau apa pun yang Ibu jual sebaiknya tidak bercacat. Seperti cokelat yang kusam itu sebaiknya tidak dijual.

Jangan sampai karena nila setitik, rusaklah kepercayaan orang kepada kita. Kembali ke cokelat. Cokelat yang kusam bisa disebabkan beberapa hal, seperti yang dikutip dari laman Soulofren.com.

Salah satunya, cokelat tidak ditemper. Maksudnya tidak dipanaskan, didinginkan beberapa kali hingga suhunya pas. Kalau tak punya temperatur, bisa dicolek dengan jari yang bersih lalu ditempelkan di dagu.

Kalau tidak terasa panas, cokelat sudah bisa dituang ke dalam cetakan. Kemungkinan kedua, cetakan kurang bersih. Berminyak atau mengandung air.

Nah, periksa cetakan setiap kali akan menuanAg cokelat. Sebab setelah disimpan di dalam freezer, cetakan seringkali berembun. Bahkan setelah dilap pun, embunnya masih datang bila sudah dingin. Cokelat yang sudah disimpan di dalam lemari es pun kemudian dilarutkan, bisa membuat permen cokelat jadi kusam.

Puding Gula Merah

saya mencoba puding gula merah bersama santan. Kok, rasanya asam, ya? Saya bingung apa penyebapnya. Saya pikir, tadinya santannya yang sudah rusak.

Tetapi setelah saya rasakan sisa santannya, tidak rusak. Jadi, apa, dong penyebabnya? Terima kasih. Neneng Susanti – Jakarta Pusat

IBU NENENG DI TEMPAT, Puding gula merah yang asam memang bisa salah satunya disebabkan oleh santan yang sudah rusak. Tetapi bukan satusatunya faktor penyebab. Bisa saja karena gula merah.

Banyak gula merah yang asam rasanya karena bahan atau proses pembuatannya. Karena sebelum digunakan, baik juga gula merah dicoba dahulu. Gula merah sebaiknya dimasak bersama air sampai larut dan disaring sebelum dicampur bersama agar-agar. Kemungkinan yang lain, yang ingin kami tanyakan, apakah Anda menambahkan nangka?

Kalau nangkanya asam atau sudah bonyok, nangka pasti menularkan rasa asam. Nah, semoga hasilnya lebih baik setelah mencoba lagi.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *