Teknologi Laser

Teknorus.com – Laser memiliki keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melalui radio. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya adalah bahwa komunikasi laser memiliki kapasitas bandwidth yang jauh lebih besar, namun mampu menghasilkan daya lebih kecil.

Baca juga : WA WEB

Hal ini merupakan keuntungan utama, karena pesawat ruang angkasa harus menyediakan level power yang cukup besar untuk menghidupkan lampu pijar. NASA mengatakan bahwa LLCD dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi diharapkan mampu menjadi titik cerah (saat trialnya selama 30 hari). Laser dapat berkomunikasi dengan stasiun bumi di waktu siang hari dan bahkan saat bulan memiliki kurang dari empat derajat jarak pemisahan dari matahari.

Laser ini juga bekerja tanpa adanya kesalahan saat bulan berada dalam kondisi rendah di cakrawala. Begitu pula saat laser harus melewati lapisan lebih tebal dari atmosfer, dengan turbulensi atmosfer yang juga memiliki pengaruh yang kecil terhadap komunikasi laser. Badan antariksa dan para peneliti bahkan terkejut bahwa awan cahaya tidak menjadi kendala dalam komunikasi laser ini.

LLCD dan LADEE

Selain minimnya kesalahan, LLCD ini mampu beralih dari satu stasiun bumi ke stasiun bumi yang lain sementara bumi berputar melakukan rotasi. NASA membandingkan de ngan bagaimana jaringan telepon selular beroperasi, dan sistem melakukannya tanpa campur tangan manusia. Sistem ini bahkan bisa mengunci ke stasiun bumi tanpa menggunakan sinyal radio.

Para Astronom di stasiun bumi mampu untuk memprogram LADEE untuk membangun kan terminal ruang LLCD dan memprogamnya secara otomatis dan berkomunikasi dengan stasiun darat di bumi pada waktu tertentu tanpa perintah radio sedikit pun. Ini menunjukkan bahwa teknologi yang telah dikembangkan oleh para Ilmuwan dan Astronom NASA ini bisa berfungsi sebagai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sistem utama untuk suatu misi NASA di masa yang akan datang.

NASA mengatakan bahwa uji coba komunikasi teknologi laser ini tidak hanya sukses , tapi LLCD ini mampu men-download seluruh data library dari pesawat ruang angkasa LADEE dengan kecepatan belum pernah terjadi sebelumnya. Yakni mengirimkan beragam informasi ke bumi dengan ukuran gigabyte hanya dalam waktu di bawah lima menit. Padahal, mendownload data seperti itu biasanya akan memakan waktu selama beberapa hari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *