RAM Smartphone Terbaik dari FIN888 – Handphone yang telah berevolusi menjadi smartphone sudah dapat memproses gambar dan video beresolusi tinggi, bermain game 3D yang dibumbui berbagai efek visual, bahkan memiliki kemampuan multitasking yang lebih baik sehingga Anda dapat melakukan beberapa aktivitas secara bersamaan dengan lancar.

Oleh karena itu, prosesor multi-core yang mampu menghasilkan performa yang lebih kencang serta kapasitas RAM yang lebih besar pun dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan tersebut. Hingga saat ini, ada tiga sistem operasi yang umumnya digunakan oleh smartphone maupun tablet, yakni Android, Windows Phone, dan iOS. Di antara keempat sistem operasi tersebut, Android merupakan sistem operasi yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh berbagai perangkat smartphone dan tablet.

Android Berkat menerapkan strategi open source, sistem operasi Android pun terus tumbuh dan dapat dengan mudah dijumpai di berbagai perangkat. Tidak hanya smartphone dan tablet, sistem operasi buatan Google tersebut juga terdapat pada Smart TV dan berbagai wearable gadget seperti Smartband dan Smartwatch. Bahkan Anda dapat menginstall sistem operasi Android pada notebook maupun desktop PC.

Fleksibilitas dan sifatnya yang open source inilah yang membuat banyak produsen smartphone maupun tablet yang mempercayakan Android sebagai sistem operasi untuk produk mereka. Namun disisi lain, penggunaan sumber daya RAM pada sistem operasi Android masih kurang optimal. Android bisa dikatakan sebagai sistem operasi yang boros RAM. Maka tidak heran jika smartphone maupun tablet dengan sistem operasi Android membutuhkan RAM setidaknya 1 GB. Tidak hanya dari sisi RAM, beberapa aplikasi yang tersedia pun membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar jika dibandingkan dengan aplikasi serupa pada platform lain.

Contohnya saja game Asphalt 8: Airborne. Game tersebut hanya membutuhkan ruang sekitar 800 MB saja untuk platform Windows Phone. Sementara untuk platform iOS, game Asphalt 8: Airborne membutuhkan ruang sekitar 1 GB. Sedangkan untuk Android, Asphalt 8: Airborne memakan kapasitas media penyimpanan sekitar 1,5 GB. Lalu apa sebenarnya yang membuat Android begitu boros akan sumber daya RAM? Fakta yang baru saja dirilis oleh website Quoramengatakan bahwa platform Java pada aplikasi Android merupakan salah satu penyebabnya.

Sumber : https://net89.net/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *