Pengenalan Kualitas Lewat Kelas Apresiasi

Bila berbicara mengenai pameran produk pertanian di Italia, sudah pasti kita akan bersentuhan langsung dengan kualitas pangan yang bermutu tinggi. Bangsa italia sangat menyanjung hormat pengerjaan produk secara manual, detil yang seringkali tidak bisa terbayangkan secara nalar karena mampu mereka tampilkan secara masuk akal. Metode kerja seperti ini juga berpengaruh kepada citarasa yang dihasilkan, memberi makna pada sebuah pola integritas dan kebanggaan akan hasil pangan daerah mereka.

Di Expo Rurale 2014 banyak hal menarik untuk dikunjungi, bukan saja memanjakan panca indera namun juga memuaskan hawa nafsu akan pengetahuan dan wawasan mengenai keanekaragaman yang ada di alam. Kualitas tinggi juga disajikan tanpa kompromi. Salah satu cara untuk menciptakan kesepahaman kualitas antara produsen bertanggung jawab dan konsumen akhir ditempuh dengan cara membuat banyak kelas apresiasi citarasa. di hampir semua paviliun ada ruang-ruang kecil berupa kelas yang digunakan sebagai kelas untuk mencicipi aneka produk pangan dengan penjelasan akademik mengenai alasan-alasan mengapa produk tersebut unggul di kelasnya, cara mengolah, cara menyimpan, dan juga cara menikmatinya.

Misalnya untuk produk minyak zaitun. Setiap jam ada berbagai macam kelas edukasi gratis yang diajar oleh pakar-pakar ilmuwan, produsen bahan baku, ahli pertanian, bahkan ada kelas yang diperuntukkan khusus untuk mengajarkan beberapa parameter dasar yang digunakan untuk menilai kualitas minyak zaitun, dari varietas buah, waktu panen, cara pengolahan, aroma, kekentalan, dan citarasa yang dihasilkan. Ada juga kelas apresiasi yang diperuntukkan untuk produk-produk sereal, kacang-kacangan, dan biji-bijian, seperti farro (spelt), segale (gandum hitam), cicerchia (sejenis biji dari varian bunga telang), dan masih banyak lagi. Kelas-kelas apresiasi ini bukanlah kelas masak, namun lebih kepada kelas yang melatih panca indera untuk mengenali karakter utama dari tiap bahan baku, parameter penilaian kualitas, cara budidaya, sekaligus implementasi resepnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *