Orangtua Harus Sabar

sat-jakarta.com  – “Arjuna-ku mulai belajar berjalan pada usia 8 bulan. Saat itu masih pegangan alias rambatan. Usia 10 bulan mulai berani selangkah demi selangkah tanpa berpegangan. Walau sering terjatuh, saya terus menyemangatinya, membimbingnya selangkah demi selangkah. Kan menjadi orangtua harus seperti ini, selain sabar. Hingga akhirnya di usia 13 bulan, Arjuna-ku berani melangkah sendiri menghampiriku dengan senyum.”

Baca juga : kursus IELTS terbaik di Jakarta

TAK KENAL LELAH

“Sejak usia 11 bulan, Rana belajar berjalan. Saat itu dia sering jatuh bangun. Malah kalau jalan lucu, seperti robot. Pokoknya, penuh perjuangan banget, deh. Maklum, namanya juga baru belajar, kan berjalan itu susah bagi yang sedang belajar. Untungnya Rana tak kenal lelah dan jarang menangis saat jatuh. Ahirnya, di ulang tahunnya yang ke-1 pada 20 Maret kemarin, dia bisa mengayunkan kakinya 3?4 langkah. Semangat terus ya, Nak.”

DIDOKUMENTASIKAN

“Alhamdulillah, jagoan kami di usia yang ke-11 bulan sudah bisa berjalan. Kami sangat senang karena jagoanku itu sangat cepat dan mandiri dalam perkembangannya. Itu benar lo, sebab berjalan pun dia belajar sendiri, tidak mau dibantu, seperti ditatih. Hal ini tentu tidak saya lewatkan begitu saja, semua saya rekam dalam sebuah video, karena hal ini tidak mungkin bisa terulang kembali. Jadi, dalam video dokumenter itu ada saat dia jatuh bangun, rembetan di tembok, di rak teve, bahkan kipas angin pun dipakainya buat rembetan sambil tertawa ceria. Malah saat rembetan, lalu dia joget pun ada. Semuanya itu untuk kenangan saat dia dewasa kelak. Luv u my son.”

“MATA DUITAN”

“Ethan mulai berdiri sendiri tanpa bantuan ketika umur 11 bulan, tetapi anehnya dia selalu takut buat belajar berjalan sendiri. Kalaupun jalan selalu harus ada pegangan, entah itu hanya jempol tangan saya. Hal ini terjadi sampai Ethan usia hampir 14 bulan. Lucunya, kalau dia tidak sadar, bisa lo berjalan tanpa dipegang. Hingga pada suatu pagi sebelum saya kerja, saya biasa sempatkan bermain dengan Ethan. Waktu itu dia berdiri dan berpegangan pada kursi kecil, entah bagaimana awalnya tiba-tiba neneknya mengeluarkan uang kertas Rp2.000 buat pancingan Ethan agar mau berjalan. Eh, bener lo, Ethan mulai berjalan mendekati nenek. Lumayan jauh jalannya, lo. Sejak saat itu, Ethan ada keberanian untuk berjalan sendiri. Sekarang Ethan sudah 21 bulan dan maunya lari terus, malah sudah panjat kursi buat cari cicak. Hi hi hi….!”

GARA-GARA NGIKUTIN KUCING

“Dede Naufal mulai berjalan di usia 8 bulan, tapi jalannya masih dipegangi. Kalau saya lepas, dia nangis. Waktu itu, ketika papanya pulang kerja, gak disangka si kecil nyamperin papanya walau hanya beberapa langkah tanpa dipegang. Duuh… saya senang sekali, apalagi papanya. Sejak saat itu saya semakin semangat mengajarinya berjalan supaya terbiasa dan terlatih. Hingga suatu hari ada seekor kucing, dia antusias mengikutinya dengan berjalan tanpa saya pegang. Horeee… anakku sudah bisa berjalan! Sekarang dia sudah lancar berjalan dan mulai berlari kecil.”

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *