Menurut Sisca, sentuhan kolonial terinspirasi dari rumahrumah peninggalan Belanda yang masih banyak terdapat di Bogor, khususnya di kawasan Sempur, Bogor Tengah. Rumah pertama mereka di Bali juga memiliki nuansa yang sama. Agar serasi dengan konsep rumah, bagian interiornya juga didesain dengan sentuhan yang sama.

Baca juga : Jual Genset Balikpapan

Sisca menghadirkan lantai ubin/tegel, lampu gantung, dan pegangan (handle) pintu kuno. Properti tersebut sengaja didatangkan khusus oleh Sisca dari luar Bogor. Tegel/ubin berwarna kuning di lantai satu misalnya, dibeli dari Yogyakarta. Sedangkan lampu gantung dan pegangan kunci diperoleh dari Bali.

Luas dan Terbuka Tidak hanya itu. Rumah 2 lantai ini juga didesain terbuka dengan banyak bukaan berukuran besar. Di lantai satu—yang difungsikan sebagai ruang keluarga, ruang makan, dan dapur— terdapat dalam satu ruang menerus berbentuk huruf L. Jika tanpa furnitur, lantai bawah ini akan membentuk sebuah ruangan berukuran besar. Selain dikonsep terbuka, bangunan seluas 212m2 ini juga memiliki bukaan besar.

Di lantai satu misalnya, selain terdapat pintu utama berukuran besar, juga ada pintu samping model lipat berukuran lebih besar. Hampir semua bidang dinding di sisi kiri rumah yang panjangnya 7,3m, dimanfaatkan sebagai bukaan. Menurut Sisca, bukaan pintu berukuran besar ini memiliki 2 fungsi. Selain untuk memasukkan udara segar ke dalam rumah, juga untuk menggabungkan area ruang lantai satu dengan teras.

Jika semua pintu samping yang jumlahnya 8 buah dalam posisi terbuka penuh, selain menjadikan ruang dalam terasa sejuk dan nyaman, juga akan membentuk 1 ruang terbuka yang cukup luas dan bisa menampung banyak orang. Di lantai 2, bukaan besar juga bisa dijumpai pada bagian jendela. Tiga kamar tidur, masing-masing dilengkapi bukaan jendela yang cukup banyak, sehingga sirkulasi udara di lantai dua mengalir dengan lancar. Tak heran, ketika Tabloid RUMAH berada di dalam rumah pada siang hari, udara di dalam rumah, baik di lantai satu maupun dua, terasa sejuk dan nyaman.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *