Great Specs in Small Pack

Semenjak tahun 2013 Xperia Z series (Z1, Z2, Z3) selalu berada di jajaran handheld premium, baik fi tur maupun harga. Pamornya seolah tertanam di benak para Sony Mania. Termasuk seri kompaknya, yakni Xperia Z3 Compact (Z3C) adalah versi lebih kecil dari Xperia Z3 yang merupakan fl agship terakhir dari Sony. Mengusung nama “Compact” apakah artinya banyak fi tur yang akan di pangkas pada ponsel ini? apakah Z3C setara dengan ponsel compact atau mini lainnya? hmm.. coba kita bedah deh!

Great Specs in Small Pack

Desain

Seperti Xperia Z series pada umumnya, Sony tetap mengusung desain favorit mereka yang terkenal dengan nama Omnibalance. Begitu juga dengan Z3C. Dibangun dengan menggunakan material yang premium dan elegan, yaitu panel kaca pada bagian depan dan belakang. Kesan kaku pada desain material berbahan kaca tertutup oleh desain frame samping yang membulat dan berbahan dasar campuran plastik dan karet. Sehingga Z3C sangat nyaman digenggam dan terasa pas di tangan. Frame samping ini selain berguna sebagai pelindung anti air juga berfungsi sebagai peredam benturan jika saja Z3C terjatuh. Peletakan single fl ash di samping kamera membantu pencahayaan yang optimal saat megambil foto di malam hari.

Untuk bagian depan dari perangkat terdapat earpiece dan mouth piece yang berfungsi sebagai mic dan speaker serta mendukung stereo speaker saat menjelajah fi tur multimedia. Bagian atas dari Z3C terdapat sebuah port jack audio standar 3.5mm dan sebuah noise cancelling mic. Pada bagian kiri dari handset terdapat beberapa slot penting yang mencangkup slot micro SD dan konektor micro USB, serta port untuk memasukan Nano Sim Card. Di bagian ini juga terdapat magnetic port yang berfungsi sebagai alternatif pengisian daya perangkat tanpat harus membuka fl ap untuk port micro USB. Sedangkan pada bagian kanan dari perangkat terdapat tombol power, volume rocker, dan juga tombol shutter camera. Pada bagian bawah dari perangkat terdapat lanyard enyelet (strap holder) yang merupakan ciri khas ponsel keluaran Sony, dan satu lagi noise cancelling mic.

Display

Sony merupakan perusahaan besar yang selalu memberikan teknologi terbaik pada produk TV dan kamera. So, tidak ada alasan buat Sony untuk tidak memberikan display terbaik untuk produk ponselnya. Itu yang terjadi pada Z3C. Salah satu fi tur dari Bravia TV Sony untuk Z3C adalah Triluminos dan live colour LED. Fitur ini menghasilkan gambar yang di hasilkan oleh Z3C sangat jernih dan tajam walau dilihat dari sudut manapun. IPS display 4.6” pada Z3C mempunyai brightness yang sangat bagus.

Menggunakan Z3C di bawah sinar matahari langsung sekalipun, gambar yang di hasilkan sangatlah jelas. 7 Interface Homescreen pada Z3C mungkin untuk sebagian orang terlihat biasa saja, tapi tidak untuk pengguna konsol game Playstation. Sebab, mulai dari background hingga menu keseluruhan kental sekali aroma dari Xross Media Bar (XMB) a la Playstation 3 dan Playstation 4. Sedangkan boot up soundsnya menggunakan boot up sounds dari Playstation 4. Homescreen bisa ditambah kanan kiri untuk keperluan widget dan lainnya. Begitu juga dengan app drawer. Hanya saja pada app drawer jika di geser

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *