Cara Membuat Bawang Putih Hitam Fermentasi

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

– Bawang putih
– Alumunium foil
– Oven
– Mangkuk stainless

Cara pembuatan:

– Letakkan bawang putih yang telah dibersihkan kulitnya dan masukkan ke dalam mangkuk stainless kemudian tutup mengguanakan alumunium foil.

– Setelah tertutup rapat masukkan ke dalam oven.

– Oven bawang putih dengan suhu sekitar 25 hingga 30 derajat celcius dalam kurun waktu 40 hingga 80 hari.

– Pastikan untuk mengecek kondisi bawang fermentasi setiap 5 hari sekali.

Cara Membuat Bawang Hitam Secara Tradisional

Alat dan bahan yang diperlukan:

– Bawang putih segar.

– Teflon.

– Alas dandang yang berlubang.

Cara pembuatan bawang hitam secara tradisional

– Taruh alas dandang diatas wajan, kemudian susun bawang putih di atasnya.

– Tutup wajan kemudian masak bawang sekitar 30 hingga 60 menit dengan menggunakan api kecil selama kurang lebih 20 hingga 30 hari.

Begini Cara Mengkonsumsi Bawang Putih Hitam

Tidak sekedar disajikan utuh tanpa tambahan menu lain bawang putih hitam juga kerap disandiungkan dengan makanan lain seperti roti, ayam dan jenis makanan lain yang Anda sukai dan berikut di bawah ini beberapa cara mengkonsumsi bawang hitam ala kelas internasional yang bisa dijadikan referensi

– Dikonsumsi Dengan Saus atau Kaldu

Teryata bawang hitam dapat dikonsumsi dengan saus atau kaldu untuk melengkapi jenis makanan seperti jamur dan tahu.

– Dapat Dicampurkan Kedalam Burger

Bawang hitam juga dapat dijadikan untuk campuran bumbu burger atau bisa dijadikan toping pengganti mayo,atau mentega.

– Dipanggang Bersama Ayam

Bawang putih hitam juga bisa dijadikan bumbu untuk olesan saat akan memanggang ayam. Caranya cukup mudah, Anda cukup menghaluskan bawang hitam dengan minyak zaitun kemudian oleskan ke ayam yang akan dipanggang.

Saat bawang dimasak dalam kurun watu 10 hari umumnya kondisi bawang mulai berubah coklat dan akan bertambah gelap di hari keselanjutnya.

Jika sudah sampai di hari ke 40 dan bawang sudah berubah menjadi hitam letakkan bawang hitam ditempat yang jauh dari sinar matahari.

Untuk bisa dikonsumsi bawang masih harus dimasak dalam kurun waktu 80 hari, namun jika Anda sudah tidak sabar untuk mengkonsumsinya maka bisa langsung dikonsumsi saat pemasakan usia 40 hari.

Jangan Mengkonsumsi Bawang Putih Hitam Secara Berlebihan

Mengkonsumsi bawang putih hitam memang memiliki banyak manfaat, namun jika dikonsumsi dengan takaran yang berlebihan atau hingga overdosis dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti liver, diare, mual, pusing, meningkatkan resiko pendarahan, tekanan darah rendah, menyebabkan masalah lambung yang serius hingga berbahaya bagi kandungan.

Namun hal semacam ini tidak akan terjadi jika kita paham tentang aturan dan cara mengkonsumsi bawang hitam dengan baik dan benar.

Jika mengkonsumsi bawang putih hitam untuk kesehatan ada baiknya jika Anda mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan sehat lainnya serta berolahraga secara teratur.

Demikian informasi mengenai cara membuat bawang putih hitam untuk kesehatan, manfaat dan cara menyajikan bawang hitam yang baik dan benar. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *