Manfaat Mentimun Untuk Wajah – Mentimun atau timun dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan air dan vitamin.

Baca Juga: Menu Nasi Kotak Pilihan

Nutrisi penting yang terdapat pada mentimun diantaranya asam folat, tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), vitamin B6, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, silika, serta kalium. Mentimun juga mengandung berbagai senyawa antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai risiko .

7 Manfaat Mentimun Untuk Wajah dan Khasiat Timun Berikut Cara Penggunaannya

Kandungan nutrisi yang sangat lengkap tersebut menjadikan mentimun memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Salah satu pemanfaatan mentimun adalah dalam hal perawatan wajah. Bahkan mentimun dimanfaatkan juga oleh banyak klinik kecantikan sebagai bahan dasar masker wajah. Nah bagi anda yang menginginkan perawatan wajah dengan menggunakan bahan alami, berikut ini kami kupas manfaat mentimun untuk wajah. Beberapa diantaranya adalah

1.Mengatasi kulit kering

Mentimun memiliki kadar air serta vitamin C yang mampu melembabkan kulit sehingga masalah kulit kering di wajah bisa teratasi. Ada 2 cara penggunaan mentimun untuk mengatasi kulit kering. Yang pertama adalah menggunakan parutan buah mentimun sebagai masker wajah. Dan yang kedua, menggunakan jus buah mentimun untuk membasuh wajah anda.

2.Menghilangkan jerawat

Jerawat yang tumbuh mencolok di wajah tentu sangat mengganggu karena akan terlihat jelas oleh orang yang berinteraksi dengan kita. Tapi tidak perlu khawatir karena mentimun juga bisa berfungsi sebagai obat herbal yang ampuh mengatasi jerawat. Hal ini karena kandungan zat aktif alami yang ada pada mentimun mampu mengeluarkan racun penyebab jerawat.

Untuk menghilangkan jerawat, caranya adalah dengan menumbuk mentimun hingga halus dan menggunakannya sebagai masker wajah. Anda bisa juga menambahkan madu atau yoghurt ke masker dari mentimun tadi

3.Mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori yang besar membuat kulit wajah mudah dihinggapi kotoran. Kotoran yang bersarang di pori-pori bisa memicu timbulnya berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat serta komedo. Nah, masker mentimun ternyata juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini karena kandungan air serta kemampuan mendinginkan yang ada pada mentimun mampu mengecilkan pori-pori dengan efektif.

4.Menghilangkan bintik hitam

Manfaat mentimun untuk wajah selanjutnya adalah mampu menghilangkan bintik wajah dengan aman. Hal ini karena kandungan vitamin C pada mentimun sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab bintik hitam.

Cara menghilangkan bintik hitam di wajah adalah dengan memarut mentimun dan ambil airnya saja untuk dioleskan ke wajah hingga leher. Cara lainnya adalah dengan mengoleskan jus mentimun pada wajah. Melakukan perawatan dengan mentimun secara rutin akan membantu menghilangkan bintik hitam pada wajah.

5.Mengatasi sinar matahari

Terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kulit wajah terbakar lho. Tapi tenang, mentimun ternyata juga ampuh mengatasi masalah ini. Hal ini karena kandungan air dan vitamin yang cukup tinggi mampu mendinginkan dan mempercepat penyembuhan kulit yang terbakar sinar matahari. Caranya sangat mudah, anda tinggal membuat jus mentimun, lalu menggosokkannya pada area wajah yang terluka akibat sengatan matahari.

6.Meremajakan kulit

Penuaan dini masih menjadi momok bagi sebagian wanita. Wajah yang berkerut, keriput bisa membuat seseorang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Nah, ternyata mentimun juga berkhasiat meremajakan kulit menjadi segar kembali. Hal ini karena kandungan vitamin C pada mentimun mampu membantu proses peremajaan kulit wajah.

Ada beberapa cara, salah satunya adalah dengan menggunakan masker yang terbuat dari kombinasi bahan mentimun, madu, dan yoghurt. Penggunaan masker dari bahan-bahan alami tersebut akan membuat wajah anda terlihat awet muda.

7.Mengatasi kulit wajah berminyak

Kadar minyak berlebih bisa menyebabkan kulit wajah rentan terkena berbagai masalah seperti kulit kusam, munculnya jerawat, maupun komedo. Untuk mengatasi kulit wajah berminyak, hindari konsumsi makanan tinggi lemak karena bisa memicu produksi minyak berlebih. Selain itu, anda juga bisa membuat ramuan alami menggunakan mentimun. Kandungan air pada mentimun membantu mengurangi kadar minyak sekaligus menjaga kelembaban kulit.

Untuk mendapatkan khasiat timun dalam mengatasi kulit berminyak, caranya adalah dengan membuat campuran dari parutan mentimun dan air mawar. Lalu oleskan ramuan tadi ke bagian wajah berminyak, terutama di dagu, hidung, dan dahi. Gunakan ramuan ini secara rutin dan teratur agar wajah kusam akibat kulit berminyak menjadi segar kembali.

Nah itulah tadi ulasan mengenai manfaat mentimun untuk wajah. Gimana, tertarik melakukan perawatan wajah dengan mentimun? Semoga informasi ini bermanfaat dan masalah pada kulit wajah bisa teratasi dengan cepat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *