Jerman adalah negara maju yang terletak di eropa barat. Berbatasan dengan belanda dan perancis, menjadi salah satu negara terpenting di kawasan yang memiliki ekonomi maju, industri nomor wahid, serta menjadi pusat tujuan studi bagi siswa-siswa internasional.

Baca Juga: Tips Mendekorasi kantor

Jerman juga menjadi negara dengan kekuatan militer yang masuk ke dalam peringkat tiga puluh besar dunia dari ratusan negara-negara di dunia.

7 Fakta Jerman Yang Perlu Kamu Ketahui Sekarang Juga

Selain itu, bahasa jerman juga menjadi bahasa pergaulan yang sering dipakai dalam bahasa -bahasa internasional seperti bahasa pengantar uni eropa. Serta menjadi bahasa yang diminati untuk dipelajari seiring dengan perkembangan jerman sebagai bagian dari negara yang masuk dalam dua puluh besar dunia dalam bidang ekonomi. Berikut 7 fakta jerman yang perlu kamu ketahui:

1. Jerman Merupakan Negara Gabungan Antara Jerman Timur dan Barat

Fakta Jerman yang pertama, Jerman merupakan negara gabungan antara negara jerman timur yang berideologi sosialis dengan jerman barat yang berideologi liberal. Proses penyatuan ini dinamakan reunifikasi jerman dan terjadi pada akhir perang dunia kedua dengan dirobohkannya tembok besar berlin.

Penyatuan ini membawa berbagai penggabungan kebijakan di dalam jerman baru. Yaitu jerman saat ini mempunyai sistem politik yang liberal. Tetapi pada beberapa sisi jerman sangat sosialis, terutama dalam masalah pajak, asuransi dan pendidikan, jerman memberikan subsidi besar bagi dunia pendidikan dan industri layaknya sistem sosialis.

2. Jerman Merupakan Negara Inisiator

Kedua, Jerman merupakan negara inisiator berdirinya koalisi uni eropa bersama perancis dan italia. Ini bisa menjawab kenapa posisi kanselir jerman sangat mnentukan arus dan kebijakan uni eropa saat ini. Anda bisa cek mengapa kanselir angela merkel sangat mempengaruhi keputusan uni eropa dan kadang kala menunggu merkel bersikap sebelum negara negara lain di dalam uni eropa bersikap.

3. Jerman merupakan negara maju di dalam sistem industri modern

Fakta Jerman yang ketiga, jerman merupakan negara maju di dalam sistem industri modern. Hal ini menjadikan jerman sebagai salah satu negara dengan produk domestik bruto terbesar ke dalam dua puluh negara di dunia yang dinamakan G20 atau Grup of twenty. Menariknya di dalam G20 juga terdapat indonesia. Jadi sangat wajar kenapa hubugan bisnis dan ekonomi antara jerman dan indonesia semakin erat. Karena keduanya sama-sama sebagai pemain ekonomi penting dunia.

4. Jerman memberikan subsidi besar dalam dunia pendidikan

Keempat, fakta jerman dalam dunia pendidikan adalah jerman memberikan subsidi besar dalam dunia pendidikan. Dibuktikan dengan menggratiskan biaya pendidikan di kampus-kampus seluruh jerman yang termasuk di bawah universitas negeri di bawah pengelolaan kementerian ilmu pengetahuan dan pendidikan.

5. Sistem politik jerman merupakan negara federal

Kelima, sistem politik jerman merupakan negara federal yang mirip campuran sistem demokrasi presidensial dan demokrasi parlementer. Dimana negara jerman secara nasional dibentuk oleh negara-negara bagian.

Negara jerman nasional yang disebut negara federal memiliki perdana menteri (kanselir) yang dipilih oleh parlemen jerman. Sementara presiden jerman dipilih oleh wakil-wakil negara bagian. Di setiap negara bagian juga memiliki perdana menteri dan juga presidennya sendiri-sendiri.

6. Jerman memiliki kemajuan teknologi semenjak perang dunia pertama

Fakta Jerman yang keenam, jerman memiliki kemajuan teknologi semenjak perang dunia pertama dan kedua. Anda tentu masih ingat ketika jerman diisukan pernah menginiasi bom nuklir pertama yang kemudian gagal.

Inisasi ini membuat lawan-lawan jerman ketakutan dan bergabung dengan grup sekutu yang meminta Einstein membantu mereka. Dalam perang dunia pertama juga, armada jerman di dalam laut bernama U-boat merupakan kapal selam mematikan yang banyak menenggelamkan kapal-kapal sekutu.

7. Tim sepakbola Jerman mendapat julukan tim panser

Fakta Jerman yang terkahir adalah tim sepakbola Jerman mendapat julukan tim panser. Fakta jerman ini disebabkan karena jerman sejak lama terkenal dengan armada tempur pansernya di dalam perang dunia pertama dan kedua. Armada panser adalah jenis tank yang mampu membawa banyak persenjataan dan memiliki ketahanan fisik yang kuat di dalam perjalanan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *